Rabu, 11 Maret 2015

KEINDAHAN DI PUNCAK CANDI IJO YOGYAKARTA







KEINDAHAN DI PUNCAK CANDI IJO YOGYAKARTA

Dinamakan Candi Ijo karena bangunan komplek candi ini berada di bukit atau Gumuk Ijo yang berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sebelah Tenggara sekitar 4 kilometer atau 18 kilometer disebelah Timur Kota Yogyakarta. Berada di ketinggian 410 diatas permukaan air laut membuat candi ini menjadi bangunan candi dengan letak yang tertinggi di Yogyakarta. Dan karena letak ketinggianya ini menjadikan bukan hanya kecantikan candi saja yang dikagumi melainkan juga pemandangan sekitar candi.

Candi ijo berdiri di komplek seluas sekitar 0,8 hektar dan diduga sebanrnya masih lebih luas. Menurut informasi, candi ini terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi menjadi 11 teras berundak. Tetapi untuk saat ini hanya ada 4 bangunan candi yang utuh, dari pintu masuk kita akan disuguhi hamparan reruntuhan batuan candi di bawah sebelah kiri yang sudah dikelompokan. Disebelah kanan berdiri sebuah pagar batu yang berdiri tinggi sekitar 5 meter yang menurut informasi batuan ini berada di teras 11 yang berdiri juga 8 buah lingga patok.

Diatas tertinggi terdapat 4 buah bangunan candi yang berdiri secara utuh. 1 candi utama yang paling besar berukuran sekitar 15 m x 15 meter ini memiliki pondasi setinggi sekitar 1 meter. Memiliki satu buah pintu masuk yang berbentuk ukiran sepasang makara yaitu makhluk mitos bebrbentuk ikan dan berbelalai seperti gajah. Dikanan dan kiri pintu masuk terdapat 2 buah jendela relung gawang yaitu jendela palsu yang tidak tembus kedalam. Didalam Candi terdapat sebuah ruangan yang besar dan berdiri sebuah arca lingga di tengahnya.

Berdiri juga 3 buah candi dengan ukuran yang lebih kecil dihadapan candi induk yang disebut dengan candi perwara. Candi ini hanya berukuran sekitar 4m x 4m yang terletak berjajar. Pintu masuk ketiga candi perwara ini menghadap ke candi induk. Ketiga candi perwara ini menghadap ke arah candi utama, yaitu menghadap ke timur. Ketiga candi kecil ini memiliki ruangan di dalamnya dan terdapat jendela kerawangan berbentuk belah ketupat di dindingnya. Atap candi perwara ini terdiri atas tiga tingkatan yang dimahkotai barisan ratna. Candi perwara yang berada di tengah melindungi arca lembu Andini, kendaraan Dewa Syiwa. Diduga bangunan 3 candi perwara ini untuk memuja Trimurti yaitu Brahma, Wisnu dan Syiwa.

Dari letak ketinggian di candi utama ini, disebelah barat terdapat pemandangan luas Kota Yogyakarta dari atas. Tepat lurus memandang ke barat, kita akan disuguhkan garis lurus Bandara Adi Sucipto dan pesawat yang landing dari kejauhan. Sebelah arah barat daya terdapat pegunungan batuan karts yang berdiri menjulang kehijauan yang tertutup rimbunya pepohonan. Candi ini akan ramai apabila menjelang sore atau menjelang matahari terbenam karena sunset disini terlihat indah apabila cuaca cerah.



Pesan sekarang juga tiket ke YOGYAKARTA & dapatkan harga Spesial di
BRIGHT SPOT TOUR & TRAVEL Tersedia tiket Domestik & International.
Contac Sms, WA,BB, telp : 08190 583 7779 / 0821 1380 8865. PIN (bb) : 54A4FCA1 / 52BED0E5
Kami Siap Melayani Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar