Kamis, 19 Maret 2015

TEMPAT LIBURAN DAN REKREASI TERBAIK DI INDONESIA - KEINDAHAN ALAM DANAU TOBA




Danau Toba merupakan salah satu tempat liburan dan rekreasi terbaik di Indonesia. Danau Toba ini menawarkan keindahan alam danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik. Danau Toba berlokasi di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Keindahan danau ini ditambah dengan keindahan Pulau Samosir yang ada di tengah Danau Toba. Wisata yang menawarkan keindahan ala mini telah menarik para wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Bahkan, objek wisata Danau Toba menjadi salah satu kawasan rekreasi favorit wisatawan mancanegara.

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia. Letaknya, 176 kilometer ke arah barat dari Kota Medan, Sumatera Utara. Danau ini meliputi luasan daerah 3,658 km2, dengan luas permukaan danau 1,103 km2.

Keindahan alam Danau Toba telah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Perairan danau yang biru, suhu udara yang dingin, lahan yang subur menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata domestik maupun dalam negeri. Semakin lengkap pemandangan alam, pada bagian tengah danau terdapat Pulau Samosir.

Namun siapa sangka sebelum menjadi danau, dahulu Danau Toba adalah sebuah gunung. Ya, Gunung Toba. Menurut catatan sejarah, Danau Toba adalah hasil volcano tektonik terbesar di dunia. Danau ini terjadi melalui tiga kali letusan hebat puluhan ribu tahun lalu.

Letusan pertama terjadi sekitar 800 ribu tahun lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera di selatan Danau Toba, meliputi daerah Prapat dan Porsea.

Letusan kedua yang memiliki kekuatan lebih kecil, terjadi 500 ribu tahun lalu. Letusan ini membentuk kaldera di utara Danau Toba. Tepatnya di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Dari dua letusan ini, letusan ketigalah yang paling dashyat.

Letusan ketiga 74.000 tahun lalu menghasilkan kaldera, dan menjadi Danau Toba sekarang dengan Pulau Samosir di tengahnya.
 
Fakta sejarah ini terkait dengan posisi Indonesia yang terletak di pertemuan tiga lempeng tektonik, yakni Eurasia, Indo-Australia dan Lempeng Pasifik. Sebanyak 80% dari wilayah Indonesia, terletak di lempeng Eurasia, yang meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Banda.

Lempeng benua ini hidup, setiap tahunnya bergeser atau menumbuk lempeng lainnya dengan jarak tertentu. Lempeng Eurasia yang merupakan lempeng benua selalu jadi sasaran. Lempeng Indo-Australia misalnya menumbuk lempeng Eurasia sejauh 7 cm per tahun. Atau Lempeng Pasifik yang bergeser secara relatif terhadap lempeng Eurasia sejauh 11 cm per tahun. Dari pergeseran itu, muncul rangkaian gunung, termasuk gunung berapi Toba. 

Pesan sekarang juga tiket ke Sumatera Utara & dapatkan harga Spesial di
BRIGHT SPOT TOUR & TRAVEL Tersedia tiket Domestik & International.
Contac Sms, WA,BB, telp : 08190 583 7779 / 0821 1380 8865. PIN (bb) : 54A4FCA1 / 52BED0E5
Kami Siap Melayani Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar